Promosi Nilai Budaya
Ditulis Oleh Tiara Lestari Asmara
Pengertian Promosi
Promosi
dari kata “promotion” (Latin) yang berarti “kenaikan”. Promosi adalah
menginformasikan, membujuk, atau mengingatkan orang-orang tentang produk yang
dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga dengan tujuan agar
dikenal oleh masyarakat luas.
Mempromosikan
nilai budaya adalah mempropagandakan atau memperkenalkan konsep-konsep mengenai
sesuatu yang ada dalam alam pikiran sebagian besar dari masyarakat yang mereka
anggap bernilai, berharga, dan penting dalam hidup sehingga dapat berfungsi
sebagai suatu pedoman yang memberi arah dan orientasi pada kehidupan para warga
masyarakat tadi.
Tujuan Promosi
1. Memodifikasi
tingkah laku yaitu berusaha mengubah tingkah laku dan menciptakan kesan yang
baik tentang hal yang dipromosikannya.
2. Memberitahu
yaitu promosi yang bersifat meningkatkan atau ditujukan agar khalayak sasaran
tidak lupa mengenai produk yang dipromosikan. Memberitahukan mengenai informasi
yang positif kepada konsumen.
3. Membujuk
yaitu memberi pengaruh untuk mendorong konsumen agar mau menggunakan produk
yang ditawarkan.
4. Mengingatkan
yaitu mengingatkan konsumen agar perusahaan dapat mempertahankan konsumen yang
telah ada.
Bentuk Promosi
1. Periklanan
Periklanan merupakan
sebuah promos, gagasan, pesan-pesan penjualan persuasif kepada pelanggan dan
calon pembeli dengan menggunakan media. Ada beberapa media yang dapat dijadikan
sebagai media iklas, yaitu :
a. Media
cetak seperti surat kabar dan majalah
b. Media
televisi
c. Media
radio
d. Media
sosial seperti youtube, instagram, facebook, dll.
2. Personal
Selling
Personal selling
merupakan interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih guna
melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesan.
3. Sales
Promotion
Sales promotion adalah
aktivitas promosi yang terdiri dari insentif jangka pendek yang dilakukan untuk
mendorong pembeli dengan segera dan meningkatkan penjualan perusahaan.
4. Publicity
Sumber
: Rohmah,
Annisa Nur. 2016. Buku Siswa Antropologi Peminatan Ilmu-Ilmu
Bahasa dan Budaya Untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta : Mediatama
Komentar
Posting Komentar