Konsep Promosi Nilai-Nilai Budaya

 Promosi Nilai Budaya

Ditulis Oleh Tiara Lestari Asmara 


Pengertian Promosi

Promosi dari kata “promotion” (Latin) yang berarti “kenaikan”. Promosi adalah menginformasikan, membujuk, atau mengingatkan orang-orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga dengan tujuan agar dikenal oleh masyarakat luas.

Mempromosikan nilai budaya adalah mempropagandakan atau memperkenalkan konsep-konsep mengenai sesuatu yang ada dalam alam pikiran sebagian besar dari masyarakat yang mereka anggap bernilai, berharga, dan penting dalam hidup sehingga dapat berfungsi sebagai suatu pedoman yang memberi arah dan orientasi pada kehidupan para warga masyarakat tadi.

            Tujuan Promosi

1.        Memodifikasi tingkah laku yaitu berusaha mengubah tingkah laku dan menciptakan kesan yang baik tentang hal yang dipromosikannya.

2.       Memberitahu yaitu promosi yang bersifat meningkatkan atau ditujukan agar khalayak sasaran tidak lupa mengenai produk yang dipromosikan. Memberitahukan mengenai informasi yang positif kepada konsumen.

3.             Membujuk yaitu memberi pengaruh untuk mendorong konsumen agar mau menggunakan produk yang ditawarkan.

4.      Mengingatkan yaitu mengingatkan konsumen agar perusahaan dapat mempertahankan konsumen yang telah ada.

Bentuk Promosi

1.      Periklanan

Periklanan merupakan sebuah promos, gagasan, pesan-pesan penjualan persuasif kepada pelanggan dan calon pembeli dengan menggunakan media. Ada beberapa media yang dapat dijadikan sebagai media iklas, yaitu :

a.       Media cetak seperti surat kabar dan majalah

b.      Media televisi

c.       Media radio

d.      Media sosial seperti youtube, instagram, facebook, dll.

2.      Personal Selling

Personal selling merupakan interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih guna melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesan.

3.      Sales Promotion

Sales promotion adalah aktivitas promosi yang terdiri dari insentif jangka pendek yang dilakukan untuk mendorong pembeli dengan segera dan meningkatkan penjualan perusahaan.

4.      Publicity

Sumber : Rohmah, Annisa Nur. 2016. Buku Siswa Antropologi Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya Untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta : Mediatama

Komentar